Mengenai Saya

Foto saya
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Berbagi Hidup Dengan Alam, Dengan Mengenal Alam Kita Dapat Membuka Mata Untuk Melihat Dan Merasakan Kehidupan Yang Terjadi Di Bumi Ini. Di Sana Ada Keindahan, Kecantikan, Kedamaian, Kekayaan, Kebahagiaan, Tetapi Ada Pula Kejahatan, Kemiskinan, Dan Kesedihan. Mengenal Alam Mengajarkan Kita Akan Kebesaran Ciptaan Sang Ilahi

Jumat, 20 Januari 2012

Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta

Titik nol kilometer Kota Yogyakarta adalah sebuah titik yang menjadi patokan penentuan jarak antar daerah di Yogyakarta atau kota-kota lain di luar Yogyakarta. Titik nol kilometer Kota Yogyakarta secara keseluruhan berada di lintasan antara alun-alun utara hingga ujung selatan Malioboro.



Gedung BI dan Kantor Pos


Pada akhir tahun 70-an hingga awal tahun 80-an, di tengah perempatan ini terdapat sebuah air mancur kota. Mungkin dahulunya letak titik nol kilometer berada di lokasi air mancur ini. Kawasan di sekitar titik nol kilometer ini adalah kawasan wisata sejarah berupa bangunan-bangunan kuno yang sering juga disebut loji, yaitu bangunan-bangunan tua seperti gedung Bank Indonesia, gedung kantor pos, dan gedung Bank BNI yang besar peninggalan Belanda.



Gedung BNI


Kawasan nol kilometer juga menjadi sentra perekonomian bagi masyarakat Yogyakarta karena letaknya yang memang strategis. Sebut saja kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, kawasan jalan Kyai Ahmad Dahlan, serta kawasan jalan Wijilan yang tak pernah sepi dan selalu dipadati wisatawan.



Jalan Menuju Alun-alun Utara dan Keraton Jogja


Saat malam hari, di sepanjang trotoar di sekitar perempatan jalan Jend. Ahmad Yani dan jalan KH Ahmad Dahlan menjadi tempat muda-mudi nongkrong menghabiskan malam sambil menikmati jajanan kaki lima seperti sate, somay, bakwan malang, dan juga menjadi tempat berkumpulnya komunitas-komunitas tertentu seperti komunitas sepeda ontel dan komunitas motor vespa sekedar untuk berekspresi dan mencari inspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar